DETAIL KEGIATAN

Atlit Sepatu Roda Kota Magelang Berlaga di Kejuaraan Internasional




[Kategori : Cabang Sepatu Roda]
2016-07-20


Tiga atlet sepatu roda asal Kota Magelang akan mengikuti kompetisi tingkat internasional di China, 22-24 Juli 2016 mendatang. Mereka diundang secara khusus oleh panitia lomba di negeri tirai bambu tersebut.

“Kami dapat undangan langsung dari panitia sana (China), karena para atlet kita masuk rangking di tingkat ASEAN. Para atlet juga difasilitasi akomodasi gratis selama mengikuti lomba,” kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Magelang, Supriyadi, Selasa (19/06/2016).

Supriyadi mengatakan, meski tergolong  cabang olahraga baru, tim sepatu roda Kota Magelang ini sering meraih prestasi. Seperti saat Porwil Dulongmas 2015 lalu, kejuaraan tingkat nasional di Malang Jawa Timur, dan terakhir di Jogjakarta.

Ia menjelaskan, tiga atlet yang berangkat ke China, yakni Yosua Samolala (14), Stefanus Gita (15), dan Fransiscus (16). Mereka akan berlomba dengan atlet-atlet lain dari 20 negara di seluruh dunia lewat ajang “International Skates Marathon 2016” di Kota Xinchang, China.

“Kejuaraan ini menjadi event dua tahunan sekali di China. Kota Magelang baru pertama kali ikut serta. Kita harapkan atlet sepatu roda asal Kota Magelang ini akan mengasah mental dan meraih prestasi tingkat dunia,” kata Supriyadi

Sebagai dukungan, KONI sudah memberi bantuan berupa tiket pesawat pulang pergi ke China kepada tiga atlet dan satu  pendamping. Rencananya, KONI juga akan memberi bantuan sepatu roda dan peralatan lomba lainnya.

“Modal utama kita adalah semangat untuk meraih prestasi terbaik. Walaupun dengan anggaran yang terbatas, kita akan berupaya maksimal demi jayanya olahraga Kota Magelang,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Pengurus Persatuan Olahraha Sepatu Roda Indonesia (Porserosi) Kota Magelang, Erlangga menyebutkan, event ini menjadi kali pertama delegasi asal Kota Magelang menuju ke luar negeri. Dia berharap, lewat ajang kelas internasional ini akan dapat membangun mental juara para atlet sepatu roda.

“Khusus event olahraga sepatu roda di luar negeri, jujur kita tidak pasang target. Hanya saja, kami harapkan lewat kejuaraan ini mental mereka akan terbangun. Selama ini, faktor mental menjadi kendala atlet sepatu roda yang masih muda, sehingga terkadang kurang percaya diri, apalagi di event-event besar,” katanya.

Sebelumnya, Porserosi Kota Magelang juga berhasil meraih prestasi terbaik pada Dulongmas ke-3 pada tahun 2015 lalu. Setahun kemudian, punggawa Kota Magelang juga berhasil memborong kejuaraan tingkat nasional di Malang dan Jogjakarta. (Humas/KONI)

kembali